al himah aceh

http://hendrazulviansyah.blogspot.com/

Rabu, 30 Maret 2011








Ibukota dari Kabupaten Nagan Raya adalah Suka Makmue. Kata Nagan merupakan kependekan dari Seunagan yang menunjukkan lima kecamatan hasil pemekaran, sedang Raya berarti besar. Dari sini mungkin diharapkan kelima kecamatan ini akan jadi besar kelak di kemudian hari. Alamat Lokasi : Kantor Bupati Nagan Raya: Komplek Kantor Bupati, Jl.Nasional No.17. Suka Makmue. Kabupaten Nagan Raya. Kabupaten Nagan Raya adalah sebuah kabupaten di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Kabupaten ini berdiri berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 2002 tanggal 2 Juli 2002 sebagai hasil pemekaran Kabupaten Aceh Barat. Berbatasan dengan Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Aceh Barat di utara, Kabupaten Aceh Barat di barat, Kabupaten Aceh Barat Daya dan Samudra Hindia di selatan, dan Kabupaten Gayo Lues serta Kabupaten Aceh Barat Daya di timur. Kabupaten Nagan Raya berada di pantai barat Sumatra yang subur dan sangat cocok bagi pertanian, khususnya padi yang terpusat di kecamatan Seunagan, Seunagan Timur dan Beutong karena ditunjang oleh Krueng Beutong dan Krueng Nagan yang mengalir di wilayah tersebut. Potensi lainnya adalah usaha peternakan dan perkebunan terutama kelapa sawit. Karena sumber daya pertaniannya yang melimpah, maka Nagan Raya dikenal sebagai salah satu lumbung beras utama di NAD. 
Cara Menuju Lokasi : Dari Kota Banda Aceh jarak tempuh 287 km atau sekitar 8-9 jam perjalanan menggunakan transportasi bus umum atau kendaraan pribadi. 
Sungai Krueng Isep
Krueng Isep merupakan sungai yg indah dan masih sangat alami, merupakan objek wisata akhir pekan masyarakat daerah ini. Alamat Lokasi : Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Sungai yang sangat natural ini menjadi tempat wisata favorit tidak hanya dari masyarakat setempat, tetapi juga dari luar kota. Ramai dikunjungi bila akhir pekan ataupun pada saat hari libur. 
Cara Menuju Lokasi : menggunakan mobil, sepeda motor atau angkutan umum.
Panorama Gunung Singgah Mata
Obyek wisata alam ini menjadi favorit tidak hanya penduduk daerah ini, tetapi juga dari luar daerah. Panorama gunung singgah mata memang mempesona. Alamat Lokasi : Kecamatan Beutong. Kabupaten Nagan Raya. Keindahan panorama dari gunung ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk berwisata kedaerah ini. Dengan ketinggian sekitar 6000 kaki, dan udaranya yang segar serta sejuk menjadikan obyek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi. 
Cara Menuju Lokasi : Bisa menggunakan transportasi umum, kendaraan roda empat ataupun roda dua.
Bendungan Irigasi Jeuram
Salah satu Bendungan Irigasi terbesar di NAD, dan merupakan objek wisata yg banyak dikunjungi karena dilatar belakangi oleh pegunungan bukit barisan yg indah. Alamat Lokasi : Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Merupakan Bendungan Irigasi yg cukup besar, dibangun pada tahun 1991-1993 oleh Departemen PU. Irigasi ini mengairi areal persawahan di Kabupaten Nagan Raya. Kebutuhan beras khususnya diwilayah Barat Aceh dipasok dari Nagan Raya. Pemandangan di pintu bendungan sangat eksotik. Terjunan air yang tidak terlalu tinggi dengan lebar mungkin mencapai 50 m, dengan latar belakang pegunungan bukit barisan.
Cara Menuju Lokasi : bisa menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun kendaraan umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar